yang penuh kejutan.

hidup itu penuh kejutan. kejutan yang senafas dengan ketidakterdugaan. yang menyadarkan bahwa hidup kita tidak pernah kita kendalikan sendiri, tidak pernah untuk sepenuhnya.

dan ketidakterdugaan itu membuat kita (baca aku; pen) terdiam, terduduk, merunduk dan pasrah. dan tersadar bahwa ada puzzle khusus yang hanya untukku. ada peta yang sudah tercetak dan tergambar di jalanku, dengan jelas dan pasti.

kamu. pernah menjadi titik akhirku. garis finishku. dan mendadak suatu ketidakterdugaan menyapa kita. memutus jalur yang aku petakan untuk mencapaimu. memotong lintasan yang aku pikir sudah tercetak untuk menujumu. dan dalam satu saat, ketidakterdugaan itu menyapaku.

aku menemukan jalan buntu. ketidakterdugaan yang lebih berkuasa atas hidupku dibanding aku yang menjalaninya. satu tangan tak terlihat menunjukkan kuasanya atas daya dan akalku. dan aku tunduk.

pijakanku hilang. peganganku goyah. dan semua melayang. masa depan mengabur dan melayang menjelma menjadi masa lalu. dan aku tunduk.

satu saja yang kusayangkan dari hal ini. ada ketidakdewasaan.

aku percaya, lupa akan membebaskan kita.

aku percaya karena aku ingin.

Leave a Reply

